Jumat, 26 November 2010

Game Ionopolis



Beberapa hari ini saya sedang keranjingan Ionopolis, sebuah game online bernuansa komik yang melibatkan social media sebagai unsur permainannya. Awalnya agak apatis, saya kira bakal seperti game Facebook pada umumnya yang penuh aktifitas monoton dan spam ke jaringan social kita untuk mendapat poin. Tapi ternyata lebih variatif dan seru. Karena game ini merupakan campaign interaktif dari produk Pocari, maka tersedia hadiah yang menggiurkan tentunya :P

Nuansa Komik
Saat memainkan game ini, user experience yang kita rasakan adalah serasa sedang membaca komik. Panel komiknya rapih (tapi tidak menggunakan Flash, cool!). Bercerita soal serbuan monster di kota Ionopolis. Pasukan monster tersebut menyerbu berbagai lokasi (rumah, tempat kerja dll.) dengan aksi dan teknik melawan monster yang berbeda-beda.

Game Mechanics
Kita bisa menghajar monster dan mengumpulkan poin dengan banyak cara:

* Roulette Shout di Facebook dan Twitter
Kalau terlalu berlebihan, cara ini sering dianggap mengganggu dan banyak orang mengkategorikannya sebagai spam. Tapi Ionopolis cukup bijak, shouting promo ini sepenuhnya dibawah kendali pemain. Kita bisa memilih kapan dan di media mana kita akan menukar shout promo game ini dengan nilai. Dan shoutnya sendiri cukup variatif dan informatif.

* Flash Game

Mini game yang seru tapi cukup susah, terutama bagi pemain dengan daya ingat lemah seperti saya *LOL*. Tapi penggila mini game ala Dinner Dash pasti akan cepat menguasai jenis game yang konon memberikan poin besar ini.

* Check-in Di Suatu Lokasi

Kita ditantang untuk check-in dengan layanan Foursquare di lokasi tertentu. Konsep location based game yang menarik, termasuk terobosan baru di dunia game lokal.

* Trivia Quiz

Favorit saya! Pertanyaan yang dihadirkan menuntut kita untuk menggali artikel seputar dehidrasi (secara tidak langsung menambah pengetahuan kita) atau menonton dengan teliti beberapa klip video kocak Pocari di YouTube.

* Friend Referer

Sistem umum di game online, setiap kita mengajak teman bergabung dengan game maka kita akan mendapat bonus poin referer dan bonus poin popularitas.

* Cheer Kemenangan

Cara yang lumayan jarang disentuh (karena setelah membunuh monster sering dianggap urusan sudah selesai). Setelah membunuh suatu monster kita bisa merayakannya di timeline Twitter atau wall Facebook, jika ada teman yang ikut merayakannya makan kita akan mendapat bonus poin lagi.

* Sistem Badges


Setiap sukses menghabisi 1 set monster di suatu tempat (perkantoran misalnya), kita akan mendapat badge khusus tempat tersebut.

* Dehydration Meter


Di game ini HP (Health Points) dikenal dengan istilah Hydration Meter, dengan life bar berbentuk botol Pocari *LOL*. Uniknya selain direcharge setiap 24 jam sekali, kita bisa mengisinya dengan memasukan kode voucher Ionopolis Card yang bisa kita dapatkan setiap membeli 1 botol Pocari Sweat di jaringan mini market Alphamart.

Mekanisme ala “Item Mall” yang banyak ditemui di game online berbasis voucher lain, tapi lebih bermanfaat karena pada dasarnya kita tidak membeli voucher tapi membeli minuman isotonik. Aspek offline yang menarik ;) . Selain itu campaign offline lainnya juga cukup gede-gedean juga: nonton bareng di beberapa bioskop di kota besar (saya nggak ikutan sih, tapi katanya gamer yang ngumpul ramai juga).

* Offline QRCode

Aspek offline lain yang menarik adalah Ionopolis menyediakan bonus poin lain lewat QRCode raksasa yang dipasang di beberapa tempat… sejauh ini sih baru nemu billboard Ionopolis di Pancoran, Jakarta. (Jadi penasaran juga ini yang ngebantuin agency-nya bikin engine & segala aspek IT nya siapa ya? Desain dan konsepnya smooth & komplit, manfaatin banyak jenis teknologi.)

Mobile Version
Fitur lain yang membuat betah memainkan game yang satu ini: tersedianya versi mobile yang lebih hemat bandwidth, jadi bisa dimainkan di mana saja.

So, silahkan ikutan ngegame bagi yang tertarik memberantas monster di Ionopolis ;)

Credits : niwat0ri

1 komentar:

TheCiKeen mengatakan...

eh liatin videonya dong

Posting Komentar